Logo dan Arti lambang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Lambang UMY berbentuk gambar matahari dengan dua belas sinar yang memancar ke segenap penjuru, dengan warna kuning keemasan, diambil dari lambing Persyarikatan Muhammadiyah.

Di tengah-tengan matahari tertulis Muhammadiyah, dengan huruh arab yang berarti Pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pada Lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf Arab, yang berarti: Pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pada lingkaran luar sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab : “ Asyhadu Anla ilaaha illa Allah”, yang artinya “Saya bersasksi bahwasannya tiada Tuhan selain Allah”. Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat Rasul dengan huruf arab : “Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah”, yang artinya “ Dan saya bersaksi bawasannya Muhammad SAW adalah utusan Allah”.

Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya.

Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang ditemuinya (Al-Anfal: 24).

Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa AS yang senantiasa siap berjuan demi kemuliaan Agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam Amar ma’ruf nahi munkar di mana dan kapanpun juga dengan dilandasi motivasi semata-mata mencari keridlaan Allah SWT (as-Shaff; 14).

Lambang matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UMY merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktifitasnya senantiasa wajib diselaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Padi dan kapas yang melingkari matahari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.

UMY merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, bertujuan untuk terwujudnya sarjana muslim berakhlak mulia, yaitu cendekiawan yang siap mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi, yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang makmur sejahtera.

Lima kelopak bunga yang melingkat melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesiam. Dan sekaligus melambangkan Dinnul Islam yang ditegakkan di atas lima prisip:

Dua Kalimah Syahadat, Shalat, Puasa Ramadhan, Menunaikan Zakat dan Haji ke Baitullah. Lima kelopak bunga ini melatar belakangi gambar matahari yang dilingkari oleh padi dan kapas.

Di luar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau daun, melambangkan sifat kesabaran, ketelitian dan keihlasan, artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan keihklasan semata-mata mencari Ridla Allah SWT.

sumber: http://www.umy.ac.id/profil/logo-filosofi

Related Posts:

0 Response to "Logo dan Arti lambang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)"

Post a Comment